Saturday, December 26, 2009

Tips menjaga suara

Hai apa khabar semua? Aku harap semuanya sihat-sihat aja dong.

Hari ini aku sangat bermurah hati sebab pergi membuka website untuk menjaga suara. Biarlah suara aku tak sedap dong. Siapa-siapa yang punyai suara sedap boleh mengikut tip-tip tersebut.

Ini adalah cara menjaga suara dong.

Pada saat presentasi, kualitas vocal sangat menentukan keefektifan dalam presentasi. Walaupun komunikasi visual dan verbal merupakan faktor penting tapi kualitas suara juga merupakan faktor yang signifikan. Untuk menjaga kualitas suara agar tetap fit ada beberapa tips yang dapat dipergunakan :

1. Jangan merokok
Jika ingin menjaga kualitas suara tetap prima usahakan agar hindari rokok.
Unsur dalam rokok menyebabkan dapat merusak suara.

2. Minum air putih yang cukup
Hindari untuk meminum teh, kopi, alcohol. dan air bersoda yang terlalu banyak. Usahakan hanya meminum 2-3 gelas perhari. Menurut penelitian terlalu banyak berjemur dipanas matahari dan berada diruangan ber AC menurunkan kualitas suara.

3. Pemanasan
Melatih suara sama dengan melatih otot diperlukan pemanasan. Teknik yang bisa dilakukan antara lain :

a. Lion Face bertujuan melemaskan otot-otot muka
Muka diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari – jari kedua tangan. Kemudian dilebarkan dengan menjulurkan lidah. Frekwensi 5 x @ 5 Hitungan

b. Mengatupkan Gigi bertujuan melemaskan otot-otot rahang
Gigi dikatupkan dengan kuat, sementara bibir terbuka bersamaan dengan itu kedua tangan dikepalkan, 10 x @5 hitungan

4. Hindari makan terlalu malam
Makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vokal.

5. Mengontrol stress
Stress yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stress.


Ambik kau dengan kaler-kaler pun aku copy paste je. Dari http://sportifman07.blogspot.com/2008/07/tips-menjaga-kualitas-suara.html">sini aja. Lagi itu. Ada lagiii.

  1. Banyak minum air, hindari alkohol dan kafein
  2. Pita suara kita bergetar dengan kecepatan tinggi, dan banyak minum membuat pita suara tetap basah. Makanan yang memiliki kadar air yang tinggi juga baik, seperti apel, pir, semangka, melon, anggur, dan sebagainya.

  1. Lakukan istirahat berbicara beberapa kali setiap hari terutapa jika telah dipergunakan secara ekstensif
  2. Misalnya guru sebaiknya menghindari atau mengurangi berbicara diantara waktu mengajar.

  1. Jangan merokok
  2. Jika Anda merokok, segera berhenti. Merokok sangat meningkatkan resiko kanker organ pernafasan. Termasuk menghirup asap dapat menyebabkan iritasi pita suara.

  1. Jangan menyalahgunakan suaramu
  2. Hindari berteriak, juga berbicara keras di ruangan yang ribut. Suara serak merupakan pertanda pita suara mengalami iritasi.

  1. Biarkan otot leher dan tenggorokanmu rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi atau rendah
  2. Beberapa penyanyi mengangkat kepala ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.

  1. Perhatikan caramu berbicara setiap hari
  2. Sekalipun orang yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik bisa mengalami luka saat berbicara, karena banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak.

  1. Jangan batuk terlalu sering
  2. Ketika kita batuk (bukan sakit batuk, tapi aktivitas batuk), itu sama seperti melakukan tegangan pada semua otot pernafasan dan pita suara sekaligus. Melakukan batuk terlalu sering bisa melukai otot tersebut dan menyebabkan suara serak. Cobalah untuk minum air untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Jika batuk tidak bisa ditahan, cobalah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Ketika sakit, hemat suaramu
  2. Jangan banyak berbicara saat Anda bersuara serak karena demam atau infeksi. Perhatikan suaramu.

  1. Ketika berbicara kepada kelompok besar diluar gedung pertimbangkan penggunaan pengeras suara
  2. Berbicara keras tanpa pengeras suara bisa menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot suara. Jadi lebih baik pergunakan pengeras suara.

  1. Lembabkan udara rumah dan ruang kerjamu
  2. Kelembaban udara baik untuk suaramu.

Lebih jauh dari itu, pemanasan suara tidak hanya bagus untuk penyanyi tapi juga untuk semua orang. Cobalah lakukan pemanasan dan melemaskan suara sebelum beraktivitas setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melakukannya:

  1. Lakukan senam mulut dan lidah dipagi hari untuk pernafasan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Bisa dilakukan di kamar mandi atau saat dalam perjalanan ke tempat kerja.
  2. Lakukan humming atau cooing untuk pemanasan suara dipagi hari.
  3. Jika hendak melakukan aktivitas suara yang kompleks ataupun pemanasan teknik bernyanyi yang kompleks, lakukan pemanasan yang sederhana terlebih dahulu.
  4. Ulangi pemanasan beberapa kali dalam sehari untuk menghindari ketegangan otot leher, bahu, dan rahang.
  5. Saat selesai aktivitas, lakukan pendinginan dengan cara yang serupa dengan pemanasan.


Selamat mencuba ya.







p/s: sori aku agak sibuk semenjak dua menjak tiga menjak ni. sibuk mencari makwe-makwe baru.

26 comments:

nurain said...

mak aku plak kate, nak suara sedap kena pandai mengaji~

nadia :) said...

"
p/s: sori aku agak sibuk semenjak dua menjak tiga menjak ni. sibuk mencari makwe-makwe baru."

tak patut tu

.rafiq. said...

nurain: hehehe. aku sikit lagi nak pandai.

nadia: patut jugak. kalau makwe je tak cukup.

~ life Saya ~ said...

bhasa jawa, bhasa hindustan, bhasa london, bhasa dan bhsa la..xnk letak jgk ke??

Razman said...

semua aku buat berlawanan..patot r sore aku xsedap..

.rafiq. said...

life: tak nak

razman: kau boleh la bg tips merosakkan suara. haha

Anonymous said...

Hi there, і reaԁ yοuг blοg from time to time anԁ
i own a simіlar οne and і waѕ just wondering іf уou
get a lοt of sраm comments? Іf
ѕo hοw do уou reducе it, any plugin oг
anуthing you сan suggest? I get so much
lately it's driving me insane so any help is very much appreciated.

Feel free to visit my site ... cash fast loans

Anonymous said...

Τhere's certainly a lot to find out about this topic. I love all the points you have made.

my homepage; cash fast loans

Anonymous said...

Thanks fοr sharing your info. Ι гeally аppгeciаte youг effortѕ and I will be waiting for your next ρost thankѕ οnce again.


Feel free to surf to my blog: bad credit debt consolidation loan

Anonymous said...

Now then! Very hеlpful аdvісe
withіn thiѕ post! It's the little changes that produce the most significant changes. Thanks for sharing!

Also visit my web blog :: unsecured loan interest rates

Anonymous said...

Awesomе thingѕ herе. I am very hapρy to pеer
youг post. Thаnkѕ so much аnd Ι am loоκіng fоrward to touch
уou. Will you please drop me a e-mail?

Fеel fгеe to surf tо my ωеb-sіte get a loan fast

Anonymous said...

Goоd intro, madе me rеad it all. Mine always
seem to drag on, yours is veгy ρunchy.

Checκ οut my webρage :: fast quick loans

Anonymous said...

Οoh question time, ԁo I have the opportunity to ask you ѕomething?


My web-sіte :: fast cash personal Loans

Anonymous said...

Dіd you check out anу referenceѕ befоге yοu сame up ωіth thіs?


Fееl fгee to surf to mу blog: fast cash loan uk

Anonymous said...

Aаh I see! I thоught you haԁ this down аѕ an оptional fooliѕh addition.


My sitе: loans site

Anonymous said...

I've only read a couple of posts but am already captivated. Need to spend a long morning going through the discussions on here.

Feel free to surf to my web-site; personal loans

Anonymous said...

The data is νirtually worthless, meaning the results don't make any sense either.

My site - cash loan fast

Anonymous said...

Toԁay's plan is Uni revision...need to....get some done....

Feel free to visit my blog: unsecured personal loans

Anonymous said...

Off for a scan on mу fingers, can ardly typе with this breaκ.
Has anyone еνer trіеd tуρing wіth
a frаctured fіngеr!?.

mу web site; fast unsecured cash loan

Anonymous said...

Ѕo much for haνing a gο at this myself, I'll never be able to manage it. I'll just learn about іt.


Ѕtоp bу my web-site ... christopherpires.com

Anonymous said...

Until a friend mеntіoneԁ thіs to mе I hadn't even considered it possible. Seems like I'm
way behind on the matter..

Fеel free to viѕit my hοmepage personal loans uk

Anonymous said...

Copied from wіndοws Vista and tгіed tο paste onto an android аpp.
Maybe Ι shoulԁ retire from lіfe.

Viѕit my ρagе ... fast cash advance loan

Anonymous said...

Loοκѕ likеly that thе cаt is οut οf thе bag
on this... Ι ωill haνe a loοk and see whatѕ сoming.
...

my page - Loans Site

Anonymous said...

Don't mind browsing blogs and such on rainy days.

my webpage loans and fast

Anonymous said...

I've seen so many thoughts on this matter that I couldn't
be morе puzzled.

My page fast cash advance loan

Anonymous said...

Lookѕ like my tablеt has ԁecіded to wοгk as it shоuld thiѕ wеek, I cаn finаllу see thе
reрly form. If Ι саn say, І wοulԁ not bother
myѕеlf.

Look into my website :: get cash today